Learn, Connect, Growth | Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Indonesia

World Breastfeeding Week: Peran Fasiltas Pelayanan Kesehatan dalam Optimalisasi Program Pemberian ASI

Periode 1-7 Agustus merupakan Pekan Air Susu Ibu (ASI) Internasional atau World Breastfeeding Week (WBW). Pekan ASI Sedunia ditetapkan pada forum World Alliance for Breastfeeding Action (WABA) yang digelar di markas United Nations Children's Fund atau UNICEF, di New York, Amerika Serikat, pada 1991. Selanjutnya agenda ini diperingati secara serentak di berbagai belahan bumi.

Tujuan peringatan Pekan ASI Sedunia adalah memperjuangkan pemenuhan hak anak atau bayi akan kebutuhan air susu ibu hingga berusia 24 bulan atau lebih. Hal ini demi mengoptimalkan kesehatan gizi dan kesehatan ibu beserta anak.

Pentingnya manfaat pemberian ASI juga telah disadari oleh banyak pihak, diantaranya Fasilitas Pelayanan Kesehatan (RS, Puskesmas, Klinik). Untuk mendukung terlaksananya tujuan program pemberian ASI, berbagai upaya dilakukan juga oleh faskes-faskes tersebut. Secara lengkap selama Agustus 2019, website www.mutupelayanankesehatan.net menyajikan berbagai artikel, berita, dan hasil penelitian terkait peran provider pelayanan kesehatan dalam upaya mendukung optimalisasi pemberian ASI.